Minggu, 08 Januari 2012

PKB Bilang, Petani Sulit Cari Pupuk

Logikapolitik. Kelangkaan pupuk terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Indonesia. Hal itu hasil temuan anggota komisi IX, Chusnunia yang baru saja menyelesaikan beberapa kegiatan reses dalam masa sidang kali ini. Menurutnya, banyak petani mengeluh hilangnya pupuk di pasaran. Salah satunya di Provinsi Lampung.

"Paling banyak keluhan di Kabupaten Lampung Timur dan Kabupaten Tulang Bawang. Di sana, petani keluhkan sulitnya mencari pupuk" ujar Chusnunia.

Anggota fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengharapkan, Kementrian Pertanian secara khusus harus memberi perhatian agar ada solusi cepat dan kongkrit mengatasi persoalan ini.

Bila perlu, menteri harus turun langsung dan melakukan inspeksi mendadak (sidak).Sebab, Melalui hal itu akan terungkap, daerah mana saja yang mengalami kelangkaan pupuk.

“Dan diupayakan segera ada solusi untuk hal ini,” terangnya

Selain persoalan pupuk, anggota DPR muda yang akrab disapa Nunik ini juga mendapat banyak laporan tentang masih adanya warga miskin yang susah mendapatkan keringanan pembiayaan di rumah sakit. Kendala utamanya adalah soal kuota Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

"Ada yang menanyakan cara mendaftar agar mendapat kartu Jamkesmas, ini tidak mungkin dilakukan sebab kuota Jamkesmas dibagi berdasarkan data warga miskin dari BPS,” katanya.
Ironisnya, data yang digunakan itu masih data lama, tahun 2008, hingga saat ini belum pernah ada updating. Sementara, data orang miskin dari tahun ke tahun tentu berubah. BPS sudah memperbarui data pada akhir tahun 2011, namun sampai saat ini belum ada perbaikan.

"Kita tunggu awal persidangan tahun 2012 ini, data harus sudah ada perbaikan,” tegasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar